Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Jejaring Sosial??

social_network_dilemma_sm

Hai … pengen tahu apa saja sih keuntungan dan kerugian dari penggunaan situs jejaring sosial?? Let’ s check it out!

Keuntungan dari penggunaan situs jejaring sosial:

1. Mudah untuk bertukar informasi.

Sebagian dari kamu yang mempunyai akun jejaring sosial pasti pernah merasakan manfaat ini. Misal jika kamu anggota dari suatu komunitas penggemar artis idola, pasti sering kali mendapatkan posting-an tentang data diri, hobi, makanan kesukaan, perjalanan karir dan informasi apapun  tentang artis idola mu. Dalam hal ini situs jejaring sosial memfasilitasi kamu untuk mendapatkan informasi walaupun tidak dapat bertemu langsung dengan artis yang kamu sukai. Yang pastinya harus kamu ingat, jika tidak hanya kamu saja yang bergabung dalam komunitas itu, mungkin saja teman-teman lain  yang berbeda daerah  maupun berbeda bangsa yang memiliki minat yang sama seperti mu. Nah, kamu dan mereka dapat saling bertukar informasi  deh tanpa harus bertatapan langsung. Mudah dan tanpa waktu lama kan?

2. Mengubah atau memodifikasi informasi yang di posting

Pengguna  situs jejaring  sosial dapat mengubah profil sesuka hati. Pernah kah kamu mengubah profil  di akun jejaring sosial? Seperti  mengganti nama asli menjadi nama samaran, mengganti tanggal kelahiran  atau mengganti-ganti foto profil. Sekali klik profil kamu langsung berubah sesuai keinginan. Dalam menggunakan situs jejaring sosial kamu tidak perlu takut untuk mengubah-ubah profil karena tidak ada batasannya. Jika besok kamu ingin mengganti nama profil menjadi “cayank dia cellalu” silahkan saja hehe.. Namun harus diperhatikan juga dalam membuat profil sebaiknya ikuti aturan dalam penggunaan media jejaring sosial  ya…!

Kerugian penggunaan situs jejaring sosial:

1. akses yang mudah

Siapapun (termasuk mereka yang mungkin berniat untuk menyakiti kamu) dapat menemukan informasi pribadi mu melalui situs media sosial. Jadi pikirkan dahulu sebelum kamu memposting. Pahami hal apa saja yang pantas di-share dan yang tidak

 2. alat untuk menunda-nunda tugas atau dapat membuang-buang waktu

Berselancar di situs jejaring  sosial memang menyenangkan, namun juga  dapat menyita waktu yang bisa digunakan untuk tugas-tugas seperti belajar atau bekerja malah untuk bersenang-senang hingga lupa waktu. Tidak mau kan kalau nilai rapor jadi jelek gara-gara keasyikan bermain di dunia maya,

3. Komunikasi elektronik tidak seefektif komunikasi tatap muka

Komunikasi melalui elektronik tidak selalu memiliki arti yang sama seperti percakapan tatap muka, karena kamu tidak dapat melihat ekspresi wajah atau intonasi suara untuk mendukung apa yang dikatakan. Penyampaian pesanpun tak jarang disalahartikan.

sumber:

http://www.uc.edu/ucomm/web/social_media/students.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s