Kenapa Ya Orang Suka Curhat Lewat Situs Jejaring Sosial??

138045933-617x416

Pernahkah kamu  melihat kata-kata  “huh.. bete nih”, ” sad😦 ” ,  “ngantuk zz..zz..” di akun jejaring sosial kamu? atau malah kamu yang sering posting kata-kata tersebut? dan ada yang merespon dengan kata-kata “curhat nih ”  dan sebagainya?

Bagi sebagian besar pengguna jejaring sosial tidak asing lagi dengan hal tersebut. Setiap orang pasti pernah update status tentang kegiatan, keberadaan mereka atau malah curhat colongan. Akun situs jejaring sosial memang dapat dijadikan salah satu ‘tempat curhat’ selain teman dan keluarga. Kenapa ya orang-orang gemar curhat di situs jejaring sosial mereka? ingin tahu pendapat para ahli mengenai fenomena curhat di media sosial berikut penjelasannya berikut ini.

Menurut Irwan Hidayana, antropolog dari Universitas Indonesia, ekspresi generasi muda lewat media sosial tidak terlepas dari faktor eksternal yang dialaminya. Misalnya mereka tidak dapat mengekspresikan perasaannya pada lingkungan terdekatnya, termasuk orangtua. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa orang-orang yang curhat di twitter dikarenakan mereka tidak dapat bercerita kepada orang-orang disekitarnya.

Menurut Ida Ruwaida,sosiolog dari Universitas Indonesia, ruang sosial yang semakin terbatas dan ikatan emosional yang rendah terutama  di kota-kota besar menimbulkan perubahan dalam pola interaksi masyarakat. Akhirnya teknologi digital menjadi alat untuk menyalurkan emosi alias katarsis lewat media sosial. Dari pendapat ini dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan bentuk/pola interaksi masyarakat dalam menyalurkan emosinya melalui teknologi digital seperti media sosial.

Menurut DR. Rose Mini A.P, M.Psi, Psikolog  dari Universitas Indonesia , “selagi punya teman bicara, bicaralah pada (orang) yang nyata. Jangan di dunia maya. Bisa dibilang, orang yang curhat didunia maya mengenai masalahnya  “perlu pertolongan”. akan jadi berbahaya kalau ada yang mengomentari curhatnya secara negatif. Tidak sedikit orang yang bertengkar di dunia maya karena memberikan respon buruk”. Dari pendapat tersebut dapat dikatakan jika seseorang yang curhat melalui media sosial dikarenakan orang itu tidak mempunyai teman curhat dan membutuhkan pertolongan orang lain (waah ngeri ya..). Curhat yang terbaik adalah dengan orang yang nyata bukan didunia maya. Bijak dalam menanggapi respon yang diberikan orang lain agar terhindar pertengkaran didunia maya.

Kamu sudah tahu kan alasan orang gemar curhat di jejaring sosial. Semoga bermanfaat

sumber:

http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Konsultasi/Mengapa-Orang-Gemar-Curhat-Lewat-Media-Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s