Sejarah Situs Jejaring Sosial

Sebagian besar orang saat ini pasti memiliki akun jejaring sosial. tapi apakah kalian tau sejarah kemunculan dan perkembangan dari situs jejaring sosial ?? Naah di bawah ini ada penjelasannya, walaupun cukup panjang namun sejarah ini sangat menarik untuk kita ketahui sebagai pengguna setia dari berbagai situs jejaring sosial ;) Let’s Read

Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu SixDegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 sampai 2001, muncul situs sosial LunarStorm, LiveJournal, Cyworld yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam kelanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.

Tahun 2003 bermunculan media sosial lainnya dengan beragam kategori seperti flickr (berbagi foto), YouTube (berbagi video), dan Last.FM (untuk mendengarkan musik).

MySpace diluncurkan di Santa Monica, California, ratusan mil dari Silicon Valley. MySpace dimulai pada tahun 2003 untuk bersaing dengan situs-situs seperti friendster, Xanga, dan AsianAvenue. Pada tahun 2005, layanan jaringan sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google. Namun kemudian muncul Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Pada awalnya anggota hanya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam waktu dua bulan, anggotanya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dan kemudian berkembang terus dengan cepat sehingga mengancam MySpace.

Pada Tahun 2006, kehadiran Facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna. Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang hanya menuliskan kata-kata yang penting saja, dan tidak lebay seperti kebanyakan status di Facebook.

Tahun 2011, muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip Facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial populer. Kelebihan Google+ adalah memiliki fitur dan sistem yang dimiliki oleh Facebook dan Twitter, bisa dibilang penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut. (Untuk lebih mudah dalam memahami kemunculan situs jejaring sosial dari tahun ke tahun -KLIK SINI-)

Selain itu saat ini bangsa indonesia patut berbangga karena muncul jaringan sosial bernama FUPEI. FUPEI adalah situs jejaring sosial buatan warga negara Indonesia, Sanny Ghaddafi. FUPEI sendiri adalah Kependekan dari Friends Unity Program Especially Indonesia. FUPEI juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang tidak kalah menarik dari situs jaringan social lainnya, seperti Download dan Upload foto, musik, dan video seperti halnya situs YouTube. Plus, FUPEI lain bisa memberi komentar terhadap karya fupeis-sebutan untuk member FUPEI.

Berkembangnya situs jejaring sosial dari waktu ke waktu menunjukkan perubahan yang pesat dengan fitur yang tentunya lebih menarik dan beragam. Sebagai pengguna, bijaksanalah dalam memanfaatkan fitur-fitur dalam jejaring sosial secara positif :)

Sumber : Journal of Computer-Mediated Communication. Social Network Sites: Definition, History,
and Scholarship. 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s